[TRAVEL] : Sungai Kapur dan Air Terjun Batu Hidung nan eksotik

Posted on Tribun Newspaper Pekanbaru. Ketce! 


Ini sebenarnya perjalanan di Januari 2016, enggak berasa setahun berlalu, tapi gak pernah basi kalau soal wisata. Ayo di kupas! Akhirnyaaaa, ada short vacay juga yihaaa~~

Mengingat sebelumnya temen-temen PCMI mau ke pantai-pantai di daerah padang yang belum kunjung terlaksana. Akhirnya, tanpa ba-bi-bu, rencana dadakan memang selalu cepat terealisasi hihi :)  kita ke Obyek Wisata di Riau, yaitu Air Terjun Sungai Kopu (re : Sungai Kapur).

Janjianlah kita semua di weekend yang cerah untuk bertemu di meeting point : Hotel Mona Panam. Yah,  namanya hari libur ya,  janjian subuh tetap aja berangkat jam-jam sarapan karena menunggu yang lainnya datang,  udah itu yaaa ternyata oh ternyata kendaraan yang bisa di pakai 3 mobil daaaaaaannn laki-lakinya cuman satu orang yang bisa nyetir!  oke sip,  artinya princess juga enggak bisa duduk manis manja didepan karena dapat giliran menyetir. Hiks. Gak apa apa deh, bakal jadi perjalanan gue yang seru untuk nyetir jalur lintas provinsi :)

Menempuh perjalanan kurang lebih 3-4 jam dari Kota Pekanbaru menuju arah candi Muara Takus, sepanjang perjalanan gue lihat banyak pohon-pohon,  rawa-rawa, bukit-bukit dan senang betul pastinya! Kalau yang lain sih tanggapannya biasa aja, bahkan ada yang bilang gue kaya "Orang Utan" doyan lihat pohon-pohon buat gelantungan. Tapi buat gue, cantik banget gak siiiiihhhhhhh alam yang masih alami gitu dan mereka merambat-rambat. CANTIK!
well, lagian gue 25 tahun hidup di Jakarta ya pastilah jarang lihat yang beginian. Sekali lageee, CANTIK!
Menuju ke lokasi gue enggak banyak ekspektasi. Tapi bayangan gue pasti keren banget, karena sungai nya pasti masih virgin dan eksotik.

Gak terasa ngalor-ngidul dan bergosip ria di perjalanan yang satu mobil kita isinya cewek-cewek kece. Sampailah kita di Candi Muara Takus. Gak lupa buat foto-foto doooong :)


Jaka Sembung dan Dayang Sumbi :)  #Lah

Candi Muara Takus merupakan candi buddha bersejarah peninggalan kerajaan Sriwijaya yang ada di Provinsi Riau. Konon katanya sudah masuk dalam warisan bersejarah UNESCO. Lestarikan yaaa :)





Mampir sebentar di Candi Muara Takus, lanjut perjalanan ke lokasi Tujuan Kita ke Air Terjun Sungai Kopu. Sungai ini letaknya di Desa Tanjung dan kira-kira sekitar satu jam lagi dari Candi Muara. (MasyaAllah banget jalanannya enggak bagus, berasa offroad tapi mobilnya enggak bisa offroad nyangkut cyiin, bebatuan, mobil apakabar nih udah ngambek kayaknya? Yaudah deh asikin ajalagi,  sabar ya mbil).




Enggak sia-sia,  beneran mata gue dimanjakan dengan pemandangan yang MasyaAllah luar biasa, kita menelusuri sungai menggunakan perahu kayu yang diapit oleh tebing tinggi sekitar lebih dari 10 meter dikanan-kiri. Gak hanya itu, tebing-tebing ini juga mengalir air terjun dalam jumlah banyak. 

Sampai donggg ;) 




 Bebatuan ini banyak jenisnya ternyata, cuman gue belum tanya-tanya apa aja jenisnya :D yang gue tau cuman batu hidung yang bentuknya kaya hidung manusia.  




Sampai di spot tertentu, kita bisa berenang. GILA!  DINGIN BENER VROOOH. Enggak bisa lama-lama di dalam air karena langsung merasuk dinginnya,  tapi bener-bener enggak bikin gue sama teman-teman kapok buat nyebur berkali-kali. Walau boleh berenang, namun tetap disarankan menggunakan pelampung keselamatan, karena arusnya yang sangat deras.




Putri Duyung Sungai hihihi


Pokoknya seru banget deh, walau capek tapi enggak menyesal sama pesona alamnya, ditambah lagi pergi sama teman-teman yang punya satu vibe sama kitaa :)  AYO KE RIAU !

Tips :
1) Selalu bawa bekal makanan dan minuman untuk diperjalanan, Jangan jàjan sembarangan di tempat-tempat yang belum familiar.
2) Selalu jaga perkataan dan sikap
3) Jaga kebersihan yaaa, muah!

Photos : Mbak Alpha :)




Share:

0 komentar